Beasiswa PIP Kartu Indonesia Pintar 2021-2022

Beasiswamu.com| Program beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) melalui kartu Indonesia Pintar yang bisa digunkan oleh peserta didik di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) ataupun non formal (PKBM/SKB/LKP).

Beasiswa PIP
Beasiswa PIP

Tentang Beasiswa PIP

Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah program beasiswa yang diberikan kepada kepada anak usia sekolah (usia 6 – 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin: pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah dalam bentuk pemberian bantuan tunai pendidikan. PIP merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Program beasiswa PIP PIP adalah bentuk kerja sama antara tiga kementerian di Indonesia. Tiga kementerian itu antara lain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Pemerintah memiliki tujuan melalui diluncurkannya program ini pemerintah melalui kemendikbud berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. Program beasiswa PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Komponen Beasiswa PIP

Beriku ini komponen beasiswa yang dapat anda dapatkan jika anda menjadi penerima program beasiswa ini.

1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Dana PIP yang diberikan dapat digunakan untuk oleh peserta didik untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Baca Juga  Beasiswa Collaboration Scholarship untuk Mahasiswa D3 D4 dan S1

Persyaratan Pendaftaran Program PIP

Berikut ini persyaratan yang dibutuhkan agar putra/i anda bisa mendapatkan KIP. Terdapat beberapa berkas yang perlu disiapkan yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Kartu Keluarga (KK) Akta Kelahiran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW setempat Rapor hasil belajar siswa Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah.

Prosedur Pendaftaran

Berikut ini mekanisme pendaftaran program PIP yang harus anda lakukan. Pertama,putra/i anda harus mendaftar dengan membawa KKS milik orang tua ke lembaga pendidikan terdekat (dinas pendidikan) atau bisa juga dengan melapor langsung ke pihak sekolah, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Jika tidak memiliki KKS anda bisa mendaftarkan puta/i anda dengan membawa SKTM.

Tahap berikutnya adalah sekolah/madrasah/ SKB/PKBM atau LKP akan mencatat data siswa yang akan dikirimkan atau diusulkan ke Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama kota setempat.  Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama kota setempat tersebut kemudian mendaftarkan calon siswa ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sekolah yang sudah berada dalam naungan Kemendikbud wajib memasukkan data calon penerima KIP dalam Dapodik. Jika siswa lolos seleksi, selanjutnya KIP akan dikirimkan ke alamat siswa yang sudah mendaftar tadi atau bisa dikirimkan ke sekolah untuk kemudian diberikan kepada siswa yang bersangkutan. Pemerintah berharap dengan hadirnya PIP tidak ada lagi siswa yang putus sekolah, serta dapat menarik kembali siswa yang sempat putus sekolah.

Prosedur Pencairan Dana PIP

Lalu bagaimana proses pencairan dana beasiswa PIP ini? Berikut ini prosedur pencairannya:

  1. Siswa atau orang tua siswa melaporkan nomor KIP ke Sekolah, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).
  2. Tahap selanjutnya sekolah akan menginput nomor KIP peserta didik ke layanan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud melalui operator dapodik sekolah sementara untuk lembaga lain harus mengusulkan pengesahan ke Dinas Pendidikan setempat.
  3. inas Pendidikan setempat akan menerima data usulan dari lembaga terkait serta akan memverifikasinya
  4. Data akan kembali diproses mereka untuk selanjutnya diverifikasi oleh Direktorat Teknis Kemendikbud.
  5. Lembaga penyalur dana akan menerima instruksi untuk membuat rekening PIP siswa dan menyalurkan dana bila daftar penerima PIP telah disetujui.
  6. Lembaga penyalur dana bersama Dinas Pendidikan setempat mengeluarkan Surat Keputusan (SK) sang penerima manfaat dana PIP yang ditujukan kepada Sekolah/SKB/PKPM/LKP.
  7. Lembaga pendidikan tersebut selanjutnya akan menginformasikan kepada siswa atau orang tua siswa bahwa dana siap dicairkan.
  8. Lembaga pendidikan akan membuat surat keterangan pencairan dana PIP yang ditandatangani oleh pimpinan sekolah atau lembaga pendidikan sebagai pelengkap persyaratan peserta.
  9. Siswa atau orang tua siswa selanjutnya membawa surat keterangan tersebut dan persyaratan lain untuk mengambil dana PIP di lembaga resmi atau bank yang menjadi bank penyalur program ini.
Baca Juga  Beasiswa Collaboration Scholarship untuk Mahasiswa D3 D4 dan S1

Kontak Resmi

Untuk informasi lebih lanjut terkait program beasiswa PIP silahkan anda kunjungi website resmi atau jika anda memiliki pertanyaan silahkan hubungi kontak yang  disediakan.

Website : PIP Kemendikbud
Telpon :(021) 570-3336

Demikian informasi lengkap terkait apa itu beasiswa PIP, persyaratan pendaftarannya serta bagaimana prosedur pencairan dana PIP ini. Silahkan anda bagikan informasi ini kepada sahabat dan keluarga anda.

Tinggalkan komentar